Cara setting bridging di modem Huawei HG532E

Banyak sekali artikel yang membahas settingan modem dengan modul PPOE kali ini saya akan share Cara setting bridging di modem Huawei HG532E.
Sebenarnya Bridging merupakan perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah, Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama.
Langsung saja lihat pada gambar berikut ini :

Cara setting bridging di modem Huawei HG532E

Persiapan :

  1. Pastikan Kabel menuju ke modem sudah terpasang semua; seperti kabel adsl ke port adsl, kabel power ke modem sudah terpasang.
  2. Pastikan Modem yang anda gunakan masih berfungsi dengan baik.
  3. Pastikan modem terhubung ke PC / Laptop yang akan kita gunakan masuk ke panel setting modem melalui kabel Rj45 yg di colokan ke (lan1 / lan2 / lan3). *catatan lan4 tidak bisa d gunakan untuk setting karena berfungsi untuk layanan Useetv, jadi tidak bisa masuk ke panel admin dll.
Lihat Panduannya pada gambar , IKUTI CARANYA SESUAI DENGAN NOMOR YANG TERTERA :
  1. Login ke panel admin modem > buka browser anda seperti google chrome atau mozilla firefox > masukan url nya dengan alamat 192.168.1.254 > hingga muncul login ke admin modem dengan user default (user : support , pass : theworldinyourhand) kemudian akan tampil halaman seting seperti pada gambar.
  2. Klik menu Basic.
  3. Pilih submenu WAN.
  4. Klik Pada modul INTERNET_TR069_R_8_81 yang terdapat pada baris kedua.
  5. Pastikan VPI/VCI yang anda gunakan sesuai dengan wilayah anda, bisa 0/35 (untuk Bandung dan wilayah tertentu),  8/81 (untuk Semarang dan wilayah tertentu).jika anda bingung, coba VPI/VCI kedua-dua nya secara berulang, jika salah satunya berhasil berarti di wilayah anda mendukung VPI/VCI tersebut.
  6. Pilih Service List anda menjadi OTHER.
  7. Pilih Connection type anda menjadi BRIDGE.
  8. Cek kembali apabila semua settingan sudah tersetting sesuai urutan nomor, kemudian klik Submit.
Saya sarankan untuk reboot setelah seting tersebut caranya klik Maintenece > Device >Pilih Option Reboot yang pertama.

Pertanyaan : Apakah dengan sudah setting bridging di modem Huawei HG532E ini bisa langsung berinternet?
Jawaban : Belum, anda harus membuat setingan bridging juga di OS yang anda gunakan, jangan lupa baca cara setting bridging di windows 7.

1 komentar so far

Gan, kalo mau pake modem huawei hg532e sebagai pararel dari modem huawei indyhome h35m824atk2 gmn cara nyeting hg532e nya? Maksudnya biar wifi bisa nyampe ke rumah sebelah. Tq

Questions, criticism, suggestions, and requests please comment below

EmoticonEmoticon