Cara Menambahkan Disk Cleanup

Cara Menambahkan Disk Cleanup
Cara Menambahkan Pilihan Disk Cleanup Pada Drive Konteks Menu, Biasanya kita sesekali perlu melakukan pembersihan har disk (HD) melalui "Disk Cleanup" yang kita jalankan dari system tools. Dengan begitu HD kita tidak akan penuh oleh file-file sampah yang dapat mencuri ruang HD kita. Default-nya, jika kita klik kanan pada drive C:\ atau drive lainnya tidak ada pilihan disk cleanup. Jika kita ingin menambahkannya ternyata bisa lho, dengan begitu bisa menghemat waktu kerja kitaKamu hanya perlu melakukan beberapa perubahan pada registry, itu saja, dan itu mudah. Adanya pilihan disk cleanup pada drive konteks menu maka kita mempermudah kerja pembersihan HD kamu.

Cara Menambahkan Disk Cleanup adalah sebagai berikut:
  1. Masuklah ke registry editor.
  2. Tujulah key :
        HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell
  3. Dalam key shell buatlah key baru dengan nama Disk cleanup, caranya, klik kanan folder shell, sorot New kemudian pilih Key beri nama Disk cleanup.
  4. Kemudian buat key di bawah key Disk cleanup tadi dan beri nama command, caranya, klik kanan Disk cleanup, sorot New kemudian pilih Key beri nama command.
  5. Ubah value key command tadi dari default ke cleanmgr.exe /d %1 dengan cara klik ganda key (Default) kemudian isi Value data: dengan cleanmgr.exe /d %1. 
  6. Selesai. Sekarang kamu dapat mengakses disk cleanup dari drive konteks menu. 
  7. Untuk melihat efeknya kamu tidak perlu restart.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
Cara Menambahkan Disk Cleanup

Questions, criticism, suggestions, and requests please comment below

EmoticonEmoticon